Malang, 27-29 September 2024
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung menyelenggarkan FGD Penguatan Akademik di Malang. FGD dilaksanakan di Hotel Alana Malang. Peserta FGD adalah dosen -dosen pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan termasuk dosen-dosen pada PRODI Pendidikan Anak Usia Dini. Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor I Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Prof. Dr. Abad Badruzaman, Lc, M.Ag.
Narasumber pada FGD tersebut adalah Prof. Dr. Like Raskova Octa Berliana, M.Ed. Beliau menyampaikan tema tentang ” Menjadi Pendidik dan Kependidikan yang Inspiratif berperan dalam Melahirkan Generasi Unggul”. Pemateri menyampaikan bahwa ada 4 tipe relasi dalam dunia kerja yaitu: 1) tipe dominan, 2) tipe influencer, 3) tipe caution, 4) submission. Tipe dominan memiliki kelebihan yaitu mandiri, berkerja cepat, tegas, mandiri, suka tantangan, mampu bekerja di bawah tekanan. Adapun kelemahan tipe ini adalah tidak sabar, egois, dan segera mengambil alih pekerjaan jika pekerjaan tidak segera diselesaikan. Tipe kedua adalah tipe influence dengan kelebihan mudah berbaur, menarik, komunikasi personal efektif. Namun tipe ini memiliki kelemahan yaitu terlalu positif memmandang masalah, tidak suka rutinitas, mudah terdistraksi. Tipe ketiga adalah Cautions dengan ciri kemampuan analisi tiggi, logika tinggi, konsisten dalam menyelesaikan pekerjaan dalam durasi panjang, detaik dalam menyelesaikan tugas. Namun tipe ini memiliki kelemahaman yaitu standar kerja yang tinggi sulit diikuti yang lain, sulit melihat hal yang tidak terselesaikan. Tipe keempat adalah Submission dengan kelebihan sabar, perhatian, loyal, dan pendiam. Aapun kelemahan tipe ini adalah susah berterus terang, bertanggungjawab atas perasaan orang lain, kurang tegas.
Semua tipe memiliki kelebihan dan kekurangan. Semua tipe diperlukan dalam mengembangan lembaga, oleh sebab itu semua tipe perlu ditempatkan pada posisi yang sesuai agar tujuan lembaga dapat dicapai dengan maksimal. Setiap orang pada lembaga harus memahami dan mengelola adanya perbedaan tersebut serat menggunakan keragamana tersebut untuk mewujudkan lembaga unggul menuju generasi unggul.
Pada sesi selanjutnya peserta FGD melakukan desain pembelajaran yang memfasilitasi keberagaman mahasiswa dalam melakukan interaksi dan menjalin relasi. Desain tersebut dilaksanakan dalam forum kecil pada dosen-dosen masing-masing prodi termasuk prodi PIAUD. (IH)